Navigation Menu

Featured Post

Fire Hydrant Pillar

Hydrant Pillar 

Fire hydrant merupakan tempat air darurat yang digunakan pada saat terjadi kebakaran. Tanpa kita sadarai perangkat ini sering kita jumpai di pinggir jalan raya, tempat ramai, fasilitas publik, dan lain sebagainya.

Hydrant Pillar GuardAll
Fire hydrant sendiri mempunyai banyak perangkat peralatan untuk mempermudah proses penggunaan alat saat memadamkan api. Diantaranya :

Fire Hydrant box (adalah kotak perangkat fire hydrant untuk menyimpan dan melindungi fire hydrant)
Box apar (adalah kotak perangkat fire hydrant untuk menyimpan dan melindungi tabung APAR)
Fire Hydrant valve (adalah perangkat fire hydrant yang biasa disebut dengan katub yang berfungsi sebagai mengatur aliran fluida)
Fire Nozzle (adalah perangkat fire hydrant yang berada pada ujung selang atau fire hose)
Fire Hose (adalah perangkat fire hydrant yang biasa disebut dengan selang pemadam)
Fire Hydrant pillar (adalah perangkat fire hydrant yang mengeluarkan air pada instalasi fire hydrant dan biasa ditempatkan diluar gedung)
Fire Hose Rack (adalah perangkat fire hydrant yang digunakan untuk menggantungkan fire hose atau selang pemadam)
Siemese connection (adalah perangkat fire hydrant yang digunakan untuk menyuplai air dari mobil pemadam kebakaran ke sistem instalasi)
Fire Hose Reel (adalah perangkat fire hydrant yang biasa disebut dengan selang pemadam, namum diameternya lebih kecil dan biasanya diletakkan dengan cara digantung dekat hydrant box)

  • Hydrant Pillar

Hydrant Pillar adalah merupakan perangkat dalam instalasi fire hydrant yang biasanya ditempatkan di luar gedung maupun di tempat – tempat strategis yang mudah terlihat, yang berfungsi sebagai keluaran suplai air bertekanan dalam jaringan hydrant yang saat bekerja biasanya dihubungkan dengan fire hose untuk mendekatkan petugas pemadam kebakaran pada titik api.

Dalam pemasangan hydrant pillar, kontraktor disarankan untuk melakukan perhitungan serta perencanaan yang matang, sehingga hydrant pillar dapat berfungsi dengan baik. Di dalam tanah, jaringan hydrant pillar sangat kompleks, perangkat ini biasanya tersambung dengan sistem pipa dalam jaringan fire hydrant, sebagai media penghantar aliran air dari pompa utama yang mengambil air dari reservoir. Pondasi sebagai penopang hydrant pillar harus kuat, dikarenakan saat terjadi kebakaran aliran air yang ada di dalam jaringan sangat kuat. Untuk itu, pemasangan hydrant pillar ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Komponen hydrant pillar terdiri dari :


Hydrant Pillar GuardAll
  1. Bonnet (Tutup hydrant). Bagian paling atas sebagai batang pemutar mur untuk membuka dan menutup katub.
  2. Spring (Pegas). Berfungsi untuk menahan posisi katub ke posisi paling atas katub agar air tidak keluar. 
  3. Valve Stem (Batang katub). berfungsi untuk menghubungkan katub aliran air dengan mur untuk menggerakkan katub agar membuka dan mengalirkan air dari pipa sumber utama dari dalam tanah.
  4. Water Main (Sumber air). Sumber air pemadam kebakaran tergantung dari instalasi dan sistem pemadaman yang ditentukan oleh pemerintah daerah atau kota. Sumber air inilah yang akan dihubungkan dengan pangkal fire hydrant ke permukaan tanah.
  5. Outlet Cap (Pipa sambungan keluaran). Dari sambungan pipa ini akan disambungkan ke pompa mobil pemadam kebakaran, atau kadang ada juga yang langsung disambungkan dengan selang pemadam kebakaran, tergantung kebutuhan dan strategi jarak semburan yang diperlukan.
  6. Breaker Ring (Sambungan pengunci). Bagian ini adalah bagian pangkal hidran kering yang disambungkan ke instalasi sumber air dalam tanah. 

Jenis hydrant pillar yang perlu diketahui, diantaranya :

  • Fire Hydrant Pillar One Way
Fire hydrant pillar one way ini sebagai keluaran supply air yang bertekanan dalam jaringan hydrant yang sistem kerjanya dihubungkan dengan Fire Hose (Selang Pemadam) untuk mendekatkan ke petugas pemadam ke titik api. Hydrant pillar one way dalam segi harga lebih murah dari hydrant pillar two way. Keluaran air dari one way hydrant pillar hanya ada satu cabang dan biasanya couplingnya menggunakan machino. Pada hydrant pillar jenis ini tersedia Hydrant Pillar One Way Appron, Hydrant Pillar One Way GuardAll, Hydrant Pillar One Way Hooseki, dan  Hydrant Pillar One Way Ozeki
Hydrant Pillar One Way GuardAll
  • Fire Hydrant Pillar Two Way
Fire hydrant pillar two way ini sebagai keluaran supply air yang bertekanan dalam jaringan hydrant yang sistem kerjanya dihubungkan dengan Fire Hose (Selang Pemadam) untuk mendekatkan ke petugas pemadam ke titik api. Keluaran air dari  two way hydrant pillar ada dua cabang dan biasanya couplingnya menggunakan machino. Pada hydrant pillar jenis ini tersedia Hydrant Pillar Two Way Appron, Hydrant Pillar 2 Way GuardAll, Hydrant Pillar Two Way MC Hooseki, Hydrant Pillar Two Way VDH Hooseki, dan Hydrant Pillar Two Way Ozeki.
Hydrant Pillar Two Way GuardAll
  • Fire Hydrant Pillar Three Way
Fire hydrant pillar three way ini sebagai keluaran supply air yang bertekanan dalam jaringan hydrant yang sistem kerjanya dihubungkan dengan Fire Hose (Selang Pemadam) untuk mendekatkan ke petugas pemadam ke titik api. Keluaran air dari three way hydrant pillar ada tiga cabang dan biasanya couplingnya menggunakan machino. Pada hydrant pillar jenis ini tersedia Hydrant Pillar 3 Way GuardAll.
Hydrant Pillar Three Way GuardAll

Untuk cara penggunaan atau pengoperasian hydrant pillar bisa diperhatikan video berikut :


Bromindo jual Hydrant Pillar di Denpasar Badung, Bangli, Buleleng, Jembrana, Karangasem, Klungkung, Gianyar, Tabanan, dan Badung serta di kota dan pulau lain di Indonesia seperti Sulawesi, Jawa, Kalimantan dan  masih banyak lagi dengan kualitas terbaik.

Dapatkan Harga Fire Hydrant Pillar terbaru 2017 terbaik dengan diskon spesial!

Bromindo juga siap bekerja sama untuk proyek Anda. juga membuka kesempatan untuk Anda menjadi Supplier Hydrant Pillar di Bali atau pulau dan kota besar lainnya bagi Anda yang ingin menjadi agen kami dan terbuka untuk seluruh wilayah di Indonesia.

Hubungi kami di 0888.366.0888.

0 komentar: